Jumat, 17 Juni 2011

KPU Coret 74.303 Nama Calon Pemilih

PILKADA BANJARNEGARA
Sumber : suarakarya
Rabu, 13 April 2011
BANJARNEGARA (Suara Karya): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, mencoret 74.303 pemilih yang masuk daftar potensi pemilih sementara untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat pada 24 Juli 2011.

"Data DP4 (daftar penduduk potensial pemilih pemilu-Red) yang kami terima dari Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil beberapa waktu lalu, selanjutnya ditetapkan sebagai daftar potensi pemilih. Data tersebut selanjutnya dikoreksi dan hasilnya ada 74.303 pemilih yang kami coret," kata Ketua KPU Banjarnegara, Wahyu Setiawan, di Banjarnegara, Selasa (12/4).
Ia menjelaskan, pencoretan tersebut setelah Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dibantu Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) melakukan pencocokan dan penelitian hingga tingkat rukun tetangga.
Selama pencocokan dan penelitian tersebut, katanya, petugas antara lain menemukan nama ganda, pemilih yang masih di bawah umur, meninggal dunia, dan pindah tempat tinggal.
"Koreksi dilakukan karena ada pemilih yang terdaftar tetapi setelah diverifikasi ternyata masih di bawah umur, ada pula yang sudah berpindah tempat tinggal, meninggal dunia, dan yang paling dominan adalah memiliki nama ganda," katanya.
Ia mengatakan, pencoretan terbesar terjadi di Kecamatan Pejawaran yang mencapai 11.233 pemilih. Berdasarkan DP4 yang diterima KPU Kabupaten Banjarnegara, katanya, jumlah pemilih tercatat sebanyak 798.630 orang.
Setelah dikoreksi, tutur dia, jumlah pemilih tercatat sebanyak 724.322 orang.
"Meskipun telah dilakukan pencoretan sebanyak 74.303 orang, jumlah pemilih masih sangat mungkin bertambah, karena dalam daftar pemilih sementara (DPS) ini belum termasuk pemilih tambahan," katanya. (Ant)


Terimakasi anda telah klik tombol suka dibawah ini, dengan anda klik tombol suka adalah bentuk dukungan anda kepada pasangan Tejo Peno (Jono). Ajak teman saudara untuk klik tombol suka pada semua halaman blog ini, Trimakasih Salam KTP (kang Tejo Peno)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar